Saturday, September 28, 2013

Memilih Ukuran Layar Ponsel dan Tablet


Beberapa tahun terakhir kita disajikan dengan begitu banyak ponsel baru dengan berbagai macam ukuran layar mulai dari 3.0-inch sampai dengan 6.3-inch. Di tengah-tengah kedua ukuran tersebut ada belasan kalau bukan puluhan ukuran layar lainnya yang tersedia. Tidak sedikit dari kita yang justru jadi bingung dihadapkan dengan hal ini ketika kita ingin membeli ponsel baru. Paradox of choices - semakin banyak pilihan justru membuat kita jadi semakin bingung.

Ada 1 prinsip sederhana yang saya pegang dalam hal ini : Pilih ukuran ponsel terbesar yang masih dapat kita gunakan untuk mengetik dengan jari dari tangan yang memegang ponsel tersebut.

Ukuran telapak tangan setiap orang mungkin berbeda. Buat saya pribadi ukuran ponsel 5-inch lah yang memenuhi prinsip tersebut. Lain halnya dengan partner saya yang hanya 4.5-inch. Oleh karena itu saya selalu meminta teman-teman yang berkonsultasi tentang ponsel baru untuk sesekali datang ke galeri atau toko retail yang menyediakan (banyak) ukuran ponsel berbeda atau setidaknya dummy dari ponsel yang dapat kita coba tanpa harus membeli.

Sebuah perangkat biasa disebut tablet saat ukurannya mencapai minimal 7.0-inch dan maximal 10.1-inch. Kendati perangkat berukuran 7.0-inch atau lebih tersebut dapat kita gunakan untuk melakukan panggilan telepon dan SMS, orang biasa tetap menyebut mereka tablet dan bukan ponsel lagi.

Tablet dengan ukuran 8.0-inch atau lebih kecil umumnya dapat digenggam dengan salah satu telapak tangan meski untuk mengetik tentu kita tetap harus menggunakan kedua tangan. Kepraktisan inilah yang membuat tablet dengan ukuran 8.0-inch atau lebih kecil jadi populer akhir-akhir ini.

Saya pribadi lebih memilih tablet dengan ukuran  besar untuk lebih memudahkan saya menunjukan suatu ide (baca : presentasi) ke calon klien dibandingkan dengan ukurang layar lebih kecil namun tanpa perlu repot menyiapkan proyektor atau membawa laptop yang lebih berat. Selain itu ketika malam tiba orang tua saya dapat menonton Youtube lebih nyaman di tablet dengan ukuran besar itu sambil saya menyelesaikan pekerjaan di laptop.

No comments:

Post a Comment