Thursday, January 30, 2014

Make Today a Masterpiece

Helloo chocotalker,

Apa kabarr.. Wihh udah lama juga yah gue ngga nulis di sini.. Seperti biasa gue selalu kangen nulis di sini, tapi seperti biasa juga, gue harus berkejaran dengan deadline kerjaan di kantor. Jadi gue baru sempat posting lagi, deh :(

Tapi syukurlah! Sekarang kontributor tetap Daily Choco Talk udah bertambah. Kalau chocotalker udah baca posting-posting terakhir sebelum ini, itu di-post oleh salah 1 kontributor tetap yang baru hehehe..

Sekedar untuk informasi chocotalker, Daily Choco Talk ini masih dalam tahap pengembangan, ya dari segi konten, perumusan visi & misi, juga teknis lain seperti tampilan, dsb. Jadi mohon maklum ya kalau blog ini belum sempurna, tapi kita tetap lakukan yang terbaik dengan apa yang ada saat ini.

Dulu-dulu, gue enggan ngejalanin sesuatu yang belum perfect atau matang dalam konsep, perencanaan ditel, dan gimana-gimana ke depannya. Mungkin karena karakter dominan gue adalah melankoli plegmatik. Sisi melankoli gue pengennya semua harus perfect, sementara sisi plegmatik gue bawaannya menunda-nunda sampai semua perencanaan benar-benar matang. Ini memang jebakan batman kombinasi melan-pleg seperti gue, sih. Tapi dalam prosesnya, gue juga belajar kalau perfection is a process, jadi kita bisa segera memulai sesuatu walau masih kurang di sana-sini, dan terus menyempurnakannya seiring waktu! Paradigma baru ini, gue belajar dari seorang penulis yang cukup produktif. Dan paradigma itu jugalah yang gue terapkan untuk blog ini.

Nah chocotalker, nggak kerasa, sekarang udah mau akhir Januari. Padahal, rasanya baru aja kita rayain tahun baru 2014. Dan besok udah tahun baru Imlek, dan lusa udah memasuki bulan ke-2 tahun ini! Cepet banget ya jalannya waktu!

Chocotalker punya resolusi apa untuk tahun ini? Mungkin chocotalker punya beberapa impian yang ingin dicapai di tahun ini. Nah, gue cuma pengen ingetin aja, sambil ngingetin diri sendiri juga siy, kalau perwujudan impian yang besar sekalipun, dimulai dari rutinitas harian kita, lho!

Chocotalker pasti masih inget istilah 'Carpe Diem'. Itu adalah istilah Latin yang dalam bahasa Inggris disebut 'Seize the Day'. Ungkapan sederhana Indonesianya, manfaatkan waktu sebaik-baiknya. Isi waktu kita dengan hal-hal yang bermakna. Pokoknya jangan sia-siakan waktu dan membiarkannya terbuang begitu aja ya chocotalker. Jangan nunda-nunda untuk take action! Tindakan apa pun itu yang harus diambil untuk memulai sesuatu yang akan mendekatkan kita pada impian kita, lakukan sekarang!

Kalau hari ini kita menunda, besok kita juga akan menunda, dan tiba-tiba tahun sudah berakhir dan semuanya masih tertunda. Tapi kalau hari ini kita ambil 1 atau beberapa langkah - sekalipun itu hanya tiny little steps - lalu besok kita lakukan hal yang sama lagi, dan besoknya lagi sampai seterusnya.. nggak kerasa, kita udah ngebangun impian kita dengan meletakkan satu demi satu batu bata setiap harinya.

Kalau malam ini chocotalker pergi tidur, coba chocotalker inget-inget, udah ngapain aja hari ini.. apakah chocotalker udah mengisi waktu sebaik-baiknya, entah itu mengerjakan sesuatu yang berarti, atau sekedar menikmati kebersamaan dengan orang-orang tersayang, melimpahi mereka dengan perhatian dan kasih sayang.. Apakah masih ada keputusan-keputusan yang chocotalker belum ambil karena dibebani banyak pertimbangan yang membuat chocotalker galau.. Coba chocotalker pertimbangkan dengan bijaksana, atau diskusikan dengan orang-orang yang terlibat juga di dalamnya.. Chocotalker juga boleh share-share cerita chocotalker lewat komen di bawah, lho!

Yuk kita tutup hari dengan bersyukur dan berserah kepada Sang Pencipta, dan saat bangun di pagi hari, yuk kita sama-sama ingat untuk menjadikan hari ini sebuah mahakarya, dengan mengisi hari ini sebaik-baiknya!




3 comments:

  1. memulai hari dengan membuat to do list, aku seringnya gitu. biar resolusinya kesampaian. minimal udah dikerjain semaksimal mungkin, soal hasilnya nanti gimana ya liat aja nanti :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju juga sama caranya Ila. Bisa menepati janji *to do list adalah janji a.k.a hutang* menurut saya sudah sebuah kemenangan. Tinggal disusul kemenangan berikutnya..

      Delete
  2. semuanya harus ada perencanaan ya, tapi kalau saya kadang kalau di rencanain malah gak sukses hehe

    ReplyDelete